Penyebab iPhone Ngefreeze

Sering tiba-tiba mengalami masalah iPhone yang tiba-tiba ngefreeze ? Masalah ini bisa sangat mengganggu, terutama ketika sedang melakukan panggilan telepon, menggunakan aplikasi, atau mengakses data penting. Di Kurmac Repair, kami sering menangani masalah iPhone yang ngefreeze. Dan dalam artikel ini kami akan membahas penyebab iPhone ngefreeze dan cara sederhana yang bisa kalian lakukan sebelum membawanya ke tempat service terpercaya seperti Kurmac Repair ini.

Penyebab iPhone Ngefreeze

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan iPhone ngefreeze atau tidak responsif. Dengan memahami penyebabnya dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat. Berikut ini beberapa penyebab umum yang membuat iPhone menjadi ngefreeze :

  1. Kapasitas Penyimpanan Penuh. Ketika kapasitas penyimpanan iPhone hampir penuh, maka iPhone akan kesulitan memproses data dan menjalankan aplikasi, yang pada akhirnya akan membuat iPhone menjadi ngefreeze.
  2. Bug atau Masalah Perangkat Lunak. Masalah pada sistem iOS dapat menyebabkan iPhone menjadi tidak responsif. Beberapa pelanggan kami yang pernah datang ke workshop melaporkan iPhone menjadi ngefreeze setelah menginstal pembaruan iOS yang baru. Hal ini disebabkan karena adanya aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi iOS yang digunakan, hingga jadi penyebab iPhone ngefreeze.
  3. Aplikasi yang Bermasalah. Aplikasi pihak ketiga yang tidak berjalan dengan baik atau pun tidak kompatibel dengan iOS yang ada pada perangkat bisa menjadi penyebab iPhone ngefreeze.
  4. iPhone Mengalami Overheating. iPhone yang terlalu panas hingga muncul pemberitahuan Overheating bisa menjadi penyebab iPhone menjadi tidak responsif. Biasanya ini banyak terjadi ketika sedang menggunakan aplikasi yang berat seperti gim online atau streaming video, atau ketika iPhone terpapar langsung dengan panas sinar matahari.
  5. Kerusakan Hardware. Ini adalah kemungkinan terakhir yang bisa banyak terjadi pada iPhone yang bermasalah. Adanya komponen yang rusak seperti sensor touchscren pada LCD, atau pun baterai yang sudah jelek, bisa menjadi penyebab iPhone mengalami masalah tersebut.

Baca Juga Artikel : Mengatasi iPhone yang Panas

Cara Mudah Mengatasinya

  1. Restart atau Force Restart iPhone. Langkah pertama dan termudah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan force restart iPhone. Seperti dikutip dari laman resmi Apple, Berikut ini cara melakukan force restart untuk beberapa model iPhone :
    • iPhone 8 dan yang lebih baru : Tekan dan lepas tombol volume atas, lalu tekan dan lepas tombol volume bawah, dan tekan serta tahan tombol power hingga logo Apple muncul.
    • iPhone 7 dan 7 Plus : Tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan hingga logo Apple muncul.
    • iPhone 6s dan yang lebih lama : Tekan dan tahan tombol Home dan serta tombol power secara bersamaan hingga logo Apple muncul.
  2. Periksa Penyimpanan dan Hapus File yang Tidak Diperlukan. Periksa kapasitas penyimpanan di iPhone dengan cara : “Pengaturan”>”Umum”>”Penyimpanan iPhone”. Hapus aplikasi, foto dan video yang tidak lagi dibutuhkan untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar.
  3. Perbarui iOS dan Aplikasi. Pastikan iPhone menggunakan iOS versi terbaru, serta perbarui setiap aplikasi yang ada terinstal diiPhone. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah iPhone ngefreeze.
  4. Matikan Aplikasi yang Bermasalah. Jika iPhone mulai ngefreeze setelah menggunakan aplikasi tertentu, cobalah untuk menutuh aplikasi tersebut dengan menggeser ke atas dari bagian bawah layar.
  5. Reset Pengaturan iPhone. Jika masalah masih berlanjut, cobalah untuk me-reset pengaturan iPhone.  Caranya adalah : “Pengaturan”>”Umum”>”Atur Ulang”>”Atur Ulang Semua Pengaturan”.
  6. Kunjungi Workshop Kurmac Repair. Bila semua cara telah dicoba namun iPhone masih mengalam kondisi yang sama, segera kunjungi workshop kami untuk mencari solusi dari penyebab iPhone ngefreeze dan mendapatkan pertolongan yang tepat. Kami akan mencoba bantu diagnosa dengan melakukan pergantian LCD terlebih dahulu. Bila kondisi masih sama, maka akan dilanjut ketahapan diagnosa berikutnya.

Hubungi Tim Kami untuk Solusi iPhone Ngefreeze

Jangan biarkan masalah iPhone ngefreeze mengganggu aktivitas Anda. Segera hubungi tim Admin kami untuk mendapatkan layanan perbaikan iPhone yang cepat dan tepat. Kami siap membantu mengembalikan kinerja iPhone Anda seperti semula.