You are currently viewing Ciri LCD Macbook Rusak dan Cara Mengatasinya

Ciri LCD Macbook Rusak dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda pernah menemukan keanehan tampilan layar LCD Macbook pada saat digunakan? LCD Macbook yang rusak bisa menjadi hal yag sangat mengganggu. Terutama bila kita sangat mengandalkan Macbook ini untuk menunjang aktivitas keseharian, seperti bekerja, kuliah, ataupun sekedar untuk mencari hiburan. Di Kurmac Repair, kami sering menerima dan mengatasi masalah dari para pelanggan kami terkait dengan masalah LCD macbook yang rusak. Dan kali ini kami akan menjelaskan beberapa ciri LCD Macbook yang rusak dan cara mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan efektif.

Ciri-Ciri LCD MacBook Rusak

LCD (Liquid Crystal Display) MacBook adalah komponen penting yang memungkinkan Anda melihat gambar dan video dengan jelas. Dan ketika LCD rusak, ada beberapa tanda atau gejala yang terlihat dan mudah untuk dikenali, antara lain :

  1. Layar Bergaris : Tanda paling umum dari LCD MacBook yang rusak adalah munculnya garis-garis horizontal atau vertical dilayar. Garis ini bisa berwarna-warni atau hitam putih, dan sering kali muncul secara tiba-tiba. Garis ini biasanya menunjukkan adanya kerusakan pada fisik lcd.
  2. Layar Berkedip atau Flickering : Layar yang berkedip juga bisa menjadi salah satu tanda kerusakan pada LCD. Ini bisa terjadi karena masalah koneksi internal di dalam layar atau kerusakan pada komponen LCD itu sendiri.
  3. Tampilan Layar Menjadi Gelap atau Tidak Terang Merata : Bila tampilan pada layar menjadi lebih gelap dari bagian lainnya, ini bisa menjadi indikasi bahwa backlight pada LCD mengalami masalah. Bila hal ini terjadi, maka solusi adalah dengan mengganti LCD fullset.
  4. Bintik-bintik atau Dead Pixels : Bintik hitam kecil atau bintik dengan warna lainnya pada layar, dikenal dengan istilah Dead pixels adalah tanda lain dari LCD yang bermasalah. Bila jumlahnya satu atau dua bintik memang tidak akan mengganggu, namun bila jumlahnya banyak, tentunya hal ini bisa mempengaruhi kualitas tampilan secara signifikan.
  5. Layar Retak atau Pecah : Kerusakan fisik pada layar, seperti retak atau pecah jelas menunjukkan bahwa LCD memang sudah rusak dan perlu diganti.

Baca juga : 5 jenis kerusakan umum LCD macbook

Penyebab Kerusakan LCD Macbook

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kerusakan LCD Macbook pada umumnya, seperti :

  1. Benturan atau jatuh, tentu saja bila benturan terjadi dengan keras akan menimbulkan keretakan atau merusak layar LCD.
  2. Terkena cairan atau kelembapan yang berlebihan dapat merusak komponen di dalam layar LCD.
  3. Usia penggunaan juga bisa menjadi penyebabnya. Karena seiring dengan usia pemakaian dalam jangka waktu lama, maka komponen LCD akan menjadi lemah atau mengalami keausan sehingga mengurangi performa dari tampilan LCD.
  4. Kabel Fleksibel yang longgar antara penghubung LCD dengan mesin juga bisa menyebabkan tampilan pada layar menjadi tidak stabil. Walaupun memang kasus ini sangat jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan untuk juga mengeceknya terlebih dahulu.

Jika Anda mengalami salah satu dari tanda atau ciri kerusakan LCD MacBook, tim teknisi kami di Kurmac Repair siap membantu untuk menggantikan LCD Macbook Anda yang rusak. Selain dengan pergantian LCD fullset, kami juga bisa menangani pergantian LCD only untuk model tertentu. Dan pastinya dengan pergantian LCD only biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat bila dibandingkan dengan melakukan pergantian LCD Fullset.

Dengan menggunakan part berkualitas dan juga bergaransi, serta ditangani oleh tim yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan pergantian LCD, Anda bisa mendapatkan Macbook kembali normal dalam hitungan jam saja. Seperti yang kami abadikan dalam kanal Youtube kami tentang proses pergantian LCD Macbook berikut ini. Dan jangan ragu lagi untuk menghubungi tim admin kami untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait dengan biaya perbaikan pada gadget Apple Anda.