You are currently viewing Cara Mengatasi iPhone Layar Sering Freeze Mendadak

Cara Mengatasi iPhone Layar Sering Freeze Mendadak

Kamu sedang bermasalah dengan kondisi iPhone ngefreeze dan tidak bisa dimatikan? Masalah iPhone ini tidak hanya kamu sendiri yang mengalaminya, karena ada banyak pengguna iPhone lain juga mengalami iPhone layar sering freeze mendadak. Lalu apa penyebab dan cara mengatasi iPhone layar sering freeze mendadak?

Kali ini Kurmac Repair sebagai jasa service apple berpengalaman akan membagikan beberapa pengalaman yang membahas tentang penyebab dan cara mengatasi iPhone freeze. Sehingga nantinya kamu bisa melakukan perbaikan iPhone freeze dengan mudah.

Apa Saja Penyebab iPhone Layar Sering Freeze Mandadak?

Jika kamu bertanya tentang penyebab iPhone layar sering freeze mendadak atau hang ataupun macet. Maka hal ini bisa disebabkan karena banyak faktor, seperti :

Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu baru saja menginstal aplikasi pihak baru ke iPhone kamu. Maka kamu bisa mencurigai aplikasi tersebut sebagai penyebabnya. Karena ada beberapa aplikasi di App Store yang sering menyebabkan iPhone jadi freeze mendadak. Untuk memastikannya kamu bisa coba menghaspus aplikasi yang baru saja kamu instal.

iOS Bermasalah

Sistem operasi iOS yang kamu gunakan mungkin juga mengalami masalah, sehingga hal ini bisa menyebabkan iPhone layar freeze. Untuk memperbaiki masalah ini tentunya kamu bisa menginstal ulang iOS atau memperbarui iOS ke versi terbaru.

Baca juga : Ciri-Ciri Mesin iPhone Rusak dan Segera Butuh Service

Menggunakan Charger KW atau Bukan Original

Jika kamu menggunakan charger KW atau bukan original maka juga bisa menyebabkan iPhone freeze. Karena daya yang masuk ke iPhone jadi tidak setabil bisa berlebihan ataupun kurang sesuai dengan spek baterai yang dibutuhkan. Sehingga hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada baterai atau komponen lainnya.

Baca juga : Hati-Hati Pakai Charger iPhone Palsu, Bisa Bahaya Lho!

Terdapat Kerusakan di Hardware

Selain masalah apda software atau sistem operasi iOS, masalah layar iPhone freeze juga bisa disebabkan karena ada kerusakan di hardware. Dan jika ini disebabkan karena masalah hardaware, maka kamu bisa segera hubungi kami Kurmac Repair untuk perbaikan.

Cara Mengatasi iPhone Layar Sering Freeze Mendadak

Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa coba beberapa cara mengatasi iPhone layar sering freeze mendadak berikut :

1. Mulai Ulang Perangkat atau Restart

Langkah peratama termudah untuk mengatasi iPhone Freeze layar adalah dengan melakukan restart atau mulai ulang perangkat. Biasanya cara ini ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kecil yang terjadi di iPhone.

2. Tutup Semua Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Kamu juga bisa menutup semua aplikasi yang ada di latar belakang setelah kamu melakukan restart. Caranya kamu geser ke atas dari bagian home atau beranda iPhone. Atau kamu bisa klik dua kali di tombol Home untuk menutup semua aplikasi yang baru digunakan.

3. Cara Mengatasi iPhone Layar Sering Freeze Mendadak Dengan Mulai Ulang Paksa

Jika menggunakan cara mulai ulang  biasa hp tidak bisa mati, maka kamu bisa menerapkan cara mulai ulang paksa. Cara mulai ulang paksa setiap seri iPhone berbeda-beda, berikut ini caranya :

  • iPhone 7 dan iPhone 7 Plus : Ketuk dan tahan tombol Power dan tombol Volume Turun bersamaan selama 10 hingga 15 detik. Jika dilayar muncul logo apple maka kamu tetap menahannya sampai iPhone menampilkan proses start-up.
  • iPhone 8 ke atas sampai terbaru : caranya kamu cukup tekan dan lepas tombol Volume Naik dan Volume Turun dengan cepat satu per satu. Lalu tekan dan tahan tombol Power dan kamu tunggu sampai layar menampilkan logo Apple.

4. Bawa Ke Tempat Service Apple Terpercaya di Kurmac Repair

Jika kamu sudah mencoba cara mengatasi iPhone freeze yang disebabkan masalah software tidak bisa diatasi. Maka ada kemungkinan kerusakan disebabkan karena hardware iPhone.

Jadi cara mengatasi iPhone layar sering freeze mendadak kamu bisa segera hubungi kontak CS kami yang tertera di homepage Kurmac Repair. Kamu bisa melakukan konsultasi sebelum melakukan perbaikan kepada CS kami.

Referensi :
https://tekno.kompas.com/read/2022/10/10/14300017/kenapa-layar-iphone-tiba-tiba-macet-begini-penyebab-dan-5-cara-mengatasinya
https://www.tenorshare.id/iphone-fix/how-to-fix-a-frozen-iphone.html